3 Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Terkenal

Posted on

Provinsi Kalimantan Timur yang beribu kota di Samarinda menyimpan potensi wisata yang tak kala menakjubkan dikomparasikan provinsi-provinsi beda di Indonesia. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi dengan total luas distrik sepanjang 245.238 km². Di sebelah unsur timur Provinsi Kalimantan Timur,menghampar langsung Selat Makassar yang mengasingkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Wisata Kalimantan Timur tidak sedikit mempunyai kekayaan tumbuhan dan fauna, ada sekitar 1000-189.000 jenis tanaman danfauna yang dapat ditemui di distrik ini. Hutan yang terdapat di Pulau Kalimantan, tergolong wilayah Provinsi Kalimantan Timur, bahkan menjadi paru-paru dunia berkat luas distrik dan rimbunnya vegetasi yang tumbuh disana.

Pesona Wisata Kalimantan Timur

Sebagai wilayah yang familiar dengan buatan minyak dan kayu terbesar ke-dua di Indonesia, tidak sedikit juga daya tarik wisata dari mulai alam hingga bahari yang bisa ditemukan di Kalimantan Timur. Seperti halnya lokasi wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatanyang menarik, Kalimantan Timur pun menyimpan tidak sedikit pesona wisata beda yang tak kalah eloknya. Berikut ialah daftar lokasi wisata di Kalimantan Timur:

  1. Danau Jempang

Dilansir  situs taruhan bola terbaik indonesia 2018 Danau Jempang terletak di Kabupatane Kutai Barat. Danau ini ialah danau terbesar diantara 76 telaga lain yang ada di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam. Kedalaman telaga ini menjangkau 7-8 meter denganpelbagai kekayaan tumbuhan dan hewan yang tumbuh disekitar danau. Objek wisata ini menjadi di antara objek wisata kebangaan rakyat Kalimantan Timur berkat gejala alamnya yang unik. Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang bakal mengering hingga tampak laksana gurun pasir. Benar-benar kering tak terdapat air setetes pun. Tak heran tidak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan gejala alam telaga ini dan berduyun-duyun datang melihatnya.

Untuk mengarah ke ke telaga ini, wisatawan dapat menggnakan perahu ketinting, yakni perahu tradisional masyarakat setempat, atau speedboat. Sepanjang perjalanan mengarah ke danau, wisatawan akan melalui perkampungan di ambang Sungai Mahakam yang masing memegang teguhkebijaksanaan lokal melalui gambaran rumah adat dan perilaku adat sehari-hari.

  1. Batu Dinding

Batu Dinding ialah gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 800 meter dengan elevasi antara 100-200 meter. Dinding batu ini tampak kokohlaksana tembok raksasa dan tidak jarang dijadikan sebagai spot untukmemungut gambar yang menarik dan menarik. Letak Batu Dinding initerdapat di Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk mengarah ke kesana, wisatawan bisa berangkat dari Balikpapan menyusuri jalan raya mengarah ke ke Samarinda.

Sepanjang perjalanan mengarah ke Batu Dinding, wisatawan bakal dimanjakan dengan kecantikan pemandangan alam yang paling asri dan cantik dengan rimbunan hutan, tumbuhan anggrek binal di sepanjang jalan, dan pemukiman rumah-rumah adat yang didiami warga asli Kalimantan di sepanjang pesisir sungai Mahakam.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau ini terdapat di ibu kota provinsiyakni Samarinda, tepatnya berdampingan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda. Taman ini ialah objek wisata alam yang memiliki tidak sedikit atraksi untuk unik pengunjung laksana replika hutan menyeluruh dengansekian banyak jenis kayu khas hutan Kalimantan yakni rotan, empang pemancingan, pendopo, dan kafetaria yang dapat digunakan guna bersantai melepas lelah sesudah berkeliling taman. Taman ini pun mempunyai arena camping ground dimana wisatawan bisa berkemah disini menyeluruh denganlokasi penyewaan perangkat berkemah dan segala perlengkapannya.

Fasilitas outbond dan wahana permainan laksana flying fox, waterboom, dan jarring panjat pun tersedia. Tiket masuk ke taman ini ialah Rp 5.000/orang dan bila hendak menikmati kemudahan outbondnya wisatawan dikenakan ongkos Rp 180.000/orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *