3 Wisata Kuliner di Solo yang Terkenal dan Wajib di Kunjungi

Posted on

Jika Anda berangjangsana ke kota Solo dan kita tidak merasakan keragaman kulinernya, maka akan paling disayangkan sekali. Kalau bisa,andai Anda berangjangsana ke lokasi ini, janganlah sarapan pagi dengan roti dan selai. Bahkan guna menu sarapan saja pelbagai menu yang ditawarkan kota ini guna Anda.

Sempatkan berkeliling dan menikmati sekian banyak macam kekayaan kuliner khas kota ini sampai-sampai bahkan melulu dari satu kota ini saja Andabakal menyadari alangkah kayanya keragaman kuliner negeri kita. Bersama ini kami antar Anda mendatangi tempat-tempat wisata kuliner di kota Solo yang istimewa :

 

  1. Serabi Notosuman
Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Serabi Solo memang tidak sedikit dijual, bahkan di Jakarta, tetapi tidak terdapat yang bisa menandingi rasa Serabi Solo yang kita dapatkan dari dusun Notosuman, Solo.

Rasa manis dan gurihnya paling pas dan menciptakan ketagihan. Sehingga meskipun me sti antri, maka wisatawan rela melakukannya demi menemukan serabi yang lezat ini.

Silahkan meluangkan uang Rp.20.000 guna mendapatkan 10 serabi orisinil, atau Rp.21.000 untuk setiap 5 serabi orisinil dan 5 serabi cokelat atau Rp.22.000 guna 10 serabi cokelat saja.

Kuliner legendaris Solo yang satu ini telah mengawali usahanya semenjak tahun 1923, bertahan sampai saat ini. Saat ini, ada dua toko Serabi Notosuman, yakni milik Ny.Lidia di Jl. Moh. Yamin 28 dengan bungkus warna hijau, serabi digulung dan kepunyaan Ny. Handayani di Jl.Moh.Yamin 49 dengan bungkus warna orange, serabi ditumpuk diberi batas daun pisang. Keduanya adalah keturunan dari cikal bakal usaha ini yakni pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan.

 

  1. Timlo Sastro

Pada sebuah sudut di Pasar Gede Solo, ada warung Timlo Solo yang tidak pernah sepi pengunjung sehingga nyaris setiap hari hidangan yang disediakan di warung ini cepat habis.

Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

dilansir agen situs taruhan bola online terbaik dan terlengkap sejak tahun 2009 Warung ini biasanya disebut pun dengan warung Timlo Balong sebab lokasi Pasar Gede ini sedang di seputar dusun Balong. Tempat santap yang sudah berdiri semenjak 1952 ini buka mulai jam 06.30-15.30 petang,tetapi seringkali sebelum jam tutup, persediaan sudah berakhir terjual.

Jika Anda merasakan hal ini, tidak boleh kecewa terlebih dahulu. Silahkan datang warung cabangnya di dusun Penumping atau tepatnya Jl. Dr.Wahidin 5 No.30`atau di Ruko Tugu Lilim A5, yang buka sampai jam 21.30 malam.

Makanan ini nyaris serupa dengan soto, memakai kuah jernih berisikan ati ampela, telur bebek pindang, dan irisan sosis solo. Pengunjung pun akan dihibur dengan live music keroncong sehingga meningkatkan nikmat dan khasnya suasana. Oh ya, harga guna satu mangkuk Timlo komplit ialah Rp.20.000, nasi putih Rp.5.000 sedangkan tambahan isi laksana ati ampela, telur dan lainnya dipatok harga antara Rp.8.000-Rp.16.000. Sementara guna minuman antara kisaran Rp. 5000- Rp.10.000.

 

  1. Tahu Kupat Sholikhin
Wisata Kuliner di Solo
Wisata Kuliner di Solo

Selanjutnya kita menuju wilayah Jl. Gajah Mada 91, tepatnya berdampingan dengan Mesjid Solikhin Solo. Karena itu, lokasi jajan khas yang lumayan legendaris ini biasanya disebut Tahu Kupat Sholikhin.

Beberapa warung yang menjajakan tahu kupat berjajar di tempat ini semenjak tahun 1987, tergolong diantaranya yang lumayan dikenal yakni Tahu Kupat Sido Mampir. Pada tempat Mesjid Sholikhin berikut yang sangat tepat andai Anda menggali jajanan Tahu Kupat sebab rasanya sangat enak dan pas.

Tahu kupat ialah campuran dari irisan ketupat, taoge, tahu yang digoreng fresh, mie basah, bakwan goreng serta kacang goreng. Keseluruhan bahan tersebut diguyur dengan kuah bumbu yang terdiri dari kecap manisdengan irisan bawang putih. Jika jajan di lokasi ini, Anda bisa memilih ekstra telur ceplok yang menciptakan sajian tahu kupat di sini bertolak belakang dengan di tempat lain. Suasana khas bakal semakin berkesan dengan kehadiran pemusik tradisonal yang menyanyikan tembang Jawa atau lagu-lagu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *