5 Daftar Destinasi Diving di Indonesia yang Terbaik

Posted on

Indonesia adalah negara kepulauan yang pasti saja mempunyai lautan luas dan garis pantai yang panjang. Indonesia menjadi di antara negara yangpastinya mempunyai kekayaan bawah laut yang melimpah. Tidak heran bila tidak sedikit turis asing yang rela jauh-jauh datang ke Indonesia melulu untuk diving atau menyelam guna menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Jika Anda ialah pecandu diving, sebagai berikut ada sejumlah tempat diving di Indonesia yang dapat dikunjungi.

1. Alor, Nusa Tenggara Timur

Di samping Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur pun masih mempunyai tempat diving di Indonesia. Yaitu Alor. Alor ialah nama dari suatu kepulauan yang sedang di bagian unsur timur dari NTT.

Di sana ada tidak sedikit spot diving yang dapat dicoba. Spot diving di Kepulauan Alor bahkan menjangkau 30 titik penyelaman. Namun sejumlah titik penyelaman yang sangat populer ialah Half Moon Bay, Coconut Groove, Baruna’s Point, dan masih tidak sedikit lagi.

Adapun jenis ikan yang dapat dilihat di Kepulauan Alor ketika menyelam antara beda hiu karang, barakuda, penyu, napoleon, dan pun moray eels. Selain tersebut terumbu karang di Alor pun masih paling alami.

2. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Destinasi Diving di Indonesia
Destinasi Diving di Indonesia

Menurut  daftar situs taruhan bola online terbaik dan terpercaya yang ada sejak tahun 2008 Wakatobi namanya pun mulai familiar sebagai di antara objek wisata internasional di Indonesia. Wakatobi memang mempunyai kekayaan alam yang memukau dan unik untuk dikunjungi wisatawan dan pun memiliki sejumlah Tempat Wisata di Wakatobi yang indah.

Wakatobi sebetulnya sudah lumayan lama diputuskan sebagai taman nasional, yakni mulai tahun 1996. Dan baru-baru ini, UNESCo sudah menetapkan area ini sebagai cagar biosfer dunia.

Nama Wakatobi semakin populer sebab di sana ada tidak sedikit sekali titik diving, yaitu menjangkau 40 titik. Dengan kedalaman yang berbeda-beda, semua pelaku diving dapat mendapatkan jarak pandang 15 bahkan sampai 80 meter. Menandakan bahwa Wakatobi masih paling bersih.

3. Derawan, Kalimantan Timur

Di samping Wakatobi, Derawan pun mulai dikenal namanya sejumlah tahun terakhir oleh wisatawan luas. Derawan ialah salah satu gugusan kepulaian di Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Berau.

Kepulauan Derawan memiliki tidak cukup lebih 31 pulau. Beberapa pulau yang familiar sebagai lokasi wisata ialah Derawan, Kakaban, maratua, dan Sangalaki. Masing-masingnya mempunyai titik diving tersendiri yang menarik.

Pulau Kakaban tersebut sendiri mempunyai salah satu telaga air asin yang juga dapat dijadikan titik diving terbaik. Di sana terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat. Di samping Kakaban, titik diving di Derawan tersebar sampai 28 tiik.

4. Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken lebih dulu dikenal masyarakat luas bila dikomparasikan dengan Wakatobi dan pun Derawan. Namun kepopuleran Bunaken tetap terjaga sampai saat ini. Bunaken beradai di Manado.

Tempat ini pun telah diputuskan sebagai di antara taman nasional dan pun taman lau di Indonesia. Tentu saja di sana ada sejumlah titik diving terbaik untuk menyaksikan kekayaan alam Indonesia.

Setidaknya ada tidak cukup lebih 20 titik diving di Bunaken dengan kedalaman yang bervariasi satu dengan yang lainnya. Penyelam dapat melihat lumba-lumba, terumbu kaang, dan juga sejumlah jenis ikan purba laksana choelacanth.

5. Halmahera Utara, Maluku Utara

Berpindah ke Maluku, di sana ada suatu Tempat wisata di Maluku Utara yang barangkali namanya telah tidak asing di telinga, yakni Halmahera Utara. Halmahera unsur utara ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

Keindahan bawah laut di Halmahera pastinya masih paling alami. bahkan terumbu karang di sekitaran Halmahera dapat disebut sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia.

Keistimewaan dari titik diving di Halmahera utara ialah arusnya yang tenang dengan jarak pandang yang sesuai. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh semua penyelam pemula karena lumayan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *