5 Destinasi Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Gorontalo yang Menarik sangat tidak sedikit sekali dandapat dijadikan kegiatan liburan Anda. Sesuai dengan julukannya “The Hidden Paradise”, kota ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Mulai dari wisata pantai, air terjun, kebiasaan maupun makanannya sangat pelbagai dan mesti diusahakan jika berangjangsana ke Gorontalo.

 

1. Pantai Indah Boalemo

Destinasi Wisata di Gorontalo
Destinasi Wisata di Gorontalo

Pantai Indah Boalemo atau Pantai Balihutuo terletak di Desa Balihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Keindahan pantai ini dapat langsung kita rasakan begitu singgah di tempat ini.

Pantai ini menawarkan laut biru yang jernih, pasir putih yang terhampar dan semilir angin yang sepoi-sepoi. Membuat siapa saja merasa kerasan berlama-lama di lokasi ini.

Dilansir daftar situs taruhan bola online terbaik dan terpercaya sejak tahun 2009 di samping keindahan alamnya yang alami, wisata ini telah dilengkapi sekian banyak fasilitas. Permainan sepeda air, kapal motor, perangkat diving, penginapan dengan kemudahan memadai, dan restoran seafood. Sangat memanjakan kita yang hendak berlibur bareng keluarga tercinta.

 

2. Pusat Karawo

Karawo ialah Sulam khas Gorontalo yang menjadi kain identitas masyarakat Gorontalo. Proses pembuatannya yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama menciptakan kerajinan ini mengundang wisatawan lokal Gorontalo ataupun luar Gorontalo guna melihat teknik pembuatannya.

Berdasarkan keterangan dari sejarah, penciptaan kerajinan sulam ini telah dilaksanakan sejak abad ke-17 dan sampai ketika ini masih diciptakan oleh kaum perempuan disela kesibukannya.

Tidak jarang, tidak sedikit desainer asal Gorontalo yang menggabungkan busana canggih dengan sulam khas Gorontalo ini. Untuk Anda yang penasaran dengan hasil karya dan teknik pembuatannya dapat langsung datang ke Gorontalo.

 

3. Air Terjun Taluda’a

Air terjun Taluda’a ini terletak di Desa Taluda’a, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bulango. Jarak yang mesti ditempuh guna memasuki area air terjun lumayan jauh, selama 77 km dari pusat kota Gorontalo.

Ditambah guna menuju tempat air terjun, Anda mesti berjalan sejumlah kilometer, menaiki dan menuruni bukit. Semua rasa lelah bakal terbayar saat sampai di lokasi.

Aliran air terjun Taluda’a paling deras dan kuat. Untuk Anda yang keletihan setelah mengerjakan perjalanan jauh dapat bermain air disana, sebab kolam air terjunnya pun lumayan lebar dapat digunakan berenang. Lokasi ini menjadi kesayangan warga lokal yang penasaran dengan keindahan air terjun yang terdapat di Kabupaten Bone Bulango.

 

4. Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo yang terletak di Desa Botutonuo ini menyimpan keindahan alam yang mempesona. Daratan pasir putih dan birunya laut menjadi kesayangan masyarakat di Desa Batutonuo dan luar desa.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan wisata ini untuk memenuhi waktu liburan. Selain, lokasinya indah, pun telah didukung kemudahan yang lumayan memadai laksana tempat pemandian, lokasi makan, dan lokasi peristirahatan.

Kurang afdol rasanya bilamana tinggal di distrik kepulauan laksana Gorontalo namun jarang berwisata alam. Untuk Anda yang sedang sedang di Gorontalo, tidak terdapat salahnya mengupayakan pantai ini.

 

5. Pacuan Karapan Sapi

Lomba balapan karapan sapi sering diselenggarakan oleh pemerintah setempat sebagai sarana hiburan masyarakat. Namun, lambat laun tradisi ini telah mulai dikembangkan sebagai wisata yang potensial sebagai pariwisata kebudayaan.

Selain dapat menarik wisatawan, pun menambah pundi-pundi pemerintah setempat serta memperkenalkan wisata ke luar wilayah lebih luas lagi.Beberapa wilayah yang familiar sebagai karapan sapi diantaranya Kecamatan Timbawa di Desa Reksonegoro, Kecamatan Pulubala dan Limboto Barat.

Sapi yang digunakan lomba dalam suasana sehat, powerful dan melewati perawatan yang baik dari pemiliknya. Maka tak heran, laju sapi paling kencang tidak laksana sapi perah yang biasa anda lihat di peternakan yang paling lamban. Untuk Anda yang penasaran, bisa berangjangsana ke tempat Karapan Sapi pada momen-momen tertentu. Karena kompetisi tidak diselenggarakan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *